Cara Praktis Mengganti Kampas Rem Sepeda Motor

Cara Praktis Mengganti Kampas Rem Sepeda Motor - Sahabat Otomania semua, apa kabar semua? Sehat selalu, kan! Okey, berjumpa lagi dengan saya operator blog Otomotif Spesifikasi hadir menyapa kalian. Kali ini saya akan memberikan tutorial sederhana berkenaan dengan kamu yang punya hobi utak-atik motor. Tahu kan Motor memiliki sistem pengereman, yang mana rem di sini sangat urgen keberadaanya. Motor tanpa ada rem, maka akan sangat rawan terjadi kecelakaan bagi pengemudinya.  So, bagi kamu yang sering berpergian menggunakan motor, harus sering-sering memperhatikan kondisi rem ini.
Cara Praktis Mengganti Kampas Rem Sepeda Motor image
Cara Praktis 1. Mengganti Kampas Rem Sepeda Motor
Sahabat Otomania, Cara Praktis Mengganti Kampas Rem Sepeda Motor harap betul-betul diperhatikan ya, sebagaimana saya singgung di paragraf awal tulisan ini, betapa pentingnya memperhatikan rem dalam kendaraan kamu, dan saya pikir hal ini berlaku bukan hanya pada sepeda motor, namun kendaraan-kendaraan lain pada umumnya. Perlu sahabat Otomania ketahui, bahwa sebagian besar sistem pengereman pada sepeda motor saat ini sudah menggunakan rem cakram alias disk brake bukan lagi troumol. Nah, sistem rem cakram yang ada pada sepeda motor, memanfaatkan gaya hidrolis dalam sistem kerjanya untuk menggerakan brake pad atau kampas remnya.
Cara Praktis Mengganti Kampas Rem Sepeda Motor image
Cara Praktis 2. Mengganti Kampas Rem Sepeda Motor
Hal yang pertama untuk sahabat otomania ketahui adalah memperhatikan kondisi keausan kampas. Bagaimana? Begini, apabila brake pad sudah aus maka secara otomatis gaya pengereman pada sepeda motor kamu akan berkurang. Salah satu indikasi brake pad yang sudah aus adalah berkurangnya volume minyak rem pada master silindernya, atau biasa disebut minyak rem. Disinilah pentingya bagi sahabat Otomania mengetahui Cara Praktis Mengganti Kampas Rem Sepeda Motor agar bila suatu saat rem pada motor kamu bermasalah kamu bisa mengatasinya sendiri tanpa perlu ke bengkel. [Baca juga: Model Modifikasi Motor Honda CB Terbaru]
Cara Praktis Mengganti Kampas Rem Sepeda Motor image
Cara Praktis 3. Mengganti Kampas Rem Sepeda Motor

Cara Mudah dan Praktis Mengganti Kampas Rem Sepeda Motor

Sahabat Otomania, Cara Praktis Mengganti Kampas Rem Sepeda Motor jangan dianggap sebagai hal yang remeh, tidak cukupkah beberapa tragedi kecelakaan kendaraan bermotor yang diindikasi sebab remnya aus, atau blong. Jika sahabat Otomania ingin mengetahui secara gampang kondisi remyang aus, yakni apabila tingkat keausan kampas rem sudah tinggi (parah) maka akan terdengar suara gesekan antara piringan dan logam pada kampas rem/brake pad. Nah, apabila kampas rem sudah aus, maka alangkah baiknya segera dilakukan penggantian. Sebenarnya untuk penggantian kampas rem pada sepeda motor sangatlah mudah, sahabat Otomania bisa melakukanya di rumah dengan peralatan yang cukup mudah didapat.
Cara Praktis Mengganti Kampas Rem Sepeda Motor image
Cara Praktis 4. Mengganti Kampas Rem Sepeda Motor
Oke sahabat Otomania, kita langsung pada penjelasan Cara Praktis Mengganti Kampas Rem Sepeda Motor yang tentu sudah kamu tunggu dari tadi. Mohon sahabat Otomania memperhatikan dengan baik setiap detail langkahnya agar nanti tidak terjadi kesalahan pada saat kamu mempraktekkannya di rumah.

Inilah langkah-langkah Cara Praktis Mengganti Kampas Rem Sepeda Motor dan sebagai contoh motornya, saya menggunakan Motor Vixion sebagai latihan. [Menarik juga: Trend Modifikasi Motor Supra X 125 Terbaru 2015]
Cara Praktis Mengganti Kampas Rem Sepeda Motor image
Cara Praktis 5. Mengganti Kampas Rem Sepeda Motor
1. Pertama: Silahkan sahabat Otomania lepaskan roda depan pada sepeda motor dengan menggunakan kunci ring. Kemudian, lepaskan pengunci pemegang kampas rem pada bagian atas dan bawah. Selanjutnya, lepaskan pemegang kampas rem dengan cara ditarik. Berikutnya, sahabat Otomania lepaskan kampas rem dan cek atau periksa keausan kampas tersebut. Sahabat Otomania bisa melihat alur pada kampas rem tersebut, dan jika sudah tak terlihat berarti kampas rem sudah selayakanya untuk diganti.

2. Kedua: Bagi pemula sebagian besar mengalami kesulitan dalam pemasangan kampas rem yang baru, sebab biasanya akan kesulitan karena piston masih dalam posisi menekan ke dalam. Untuk itu, silahakn sahabat otomania tekan piston kedalam dengan cara memasang kampas rem yang lama kemudian ditekan dengan menggunakan obeng atau semacamnya. Apabila terlalu berat maka kendorkan baut nepel agar sebagian minyak rem keluar, sebagai pancingan.
Cara Praktis Mengganti Kampas Rem Sepeda Motor image
Cara Praktis 6. Mengganti Kampas Rem Sepeda Motor
3. Ketiga: langkah Cara Praktis Mengganti Kampas Rem Sepeda Motor selanjutnya, yakni pastikan jika posisi piston sudah masuk, barulah kemudian pasang pemegang kampas, pengunci, serta kampas rem ke posisi semestiya. Dan, apabila roda sudah terpasang, lakukanlah pengecekan volume minyak rem. Periksa apakah akibat pengeluaran minyak rem tadi berkurang banyak atau tidak. Sebab, biasanya minyak akan mengalami pengurangan (tumpah) pada saat pemasangan kampas. Nah, sahabat Otomania, kondisi minyak rem yang ideal yakni berada pada posisi low dan upper pada master silindernya.

Demikianlah sahabat Otomania semua, ulasan Cara Praktis Mengganti Kampas Rem Sepeda Motor yang singkat ini. Semoga langkah-langkahnya bisa kalian praktekkan dengan mudah tanpa kendala suatu apapun, dan kalaupun ada silahkan sahabat Otomania tanyakan pada kolom komentar yang ada di bawah penjelasan artikel ini. Oh iya, saya ucapkan terima kasih atas supportnya dengan mengunjungi blog Otomotif Spesifikasi ini. Salam Otomania!